Pengelolaan Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Islam

Akhmad Ilman Nafia

Abstract


Abstrak

 

Pengelolaan pembelajaran kontekstual dalam Penididikan Agama Islam meliputi Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan melakukan analisa teknis dan non teknis, serta merencanakan skenario pembelajaran dengan mengaitkan materi dan kondisi objektif yang dialami siswa. Pelaksanaan pembelajaran kontekstual Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan ibadah siswa yaitu Inquiri, Questioning, Leanrning Community, Modelling, Refleksi, dan Evaluasi pembelajaran kontekstual memprioritaskan perubahan perilaku peserta didik dan seluruh warga sekolah sebagai dasar penilainan.

 

Kata kunci: pembelajaran kontekstual; Pendidikan Agama Islam

 

Management of Contextual Learning Islamic Religious Education

 

Management of contextual learning in Penididikan Islamic learning include planning done by analyzing technical and non-technical, planning and learning scenarios by linking the material and objective conditions experienced by students. The implementation of contextual learning of Islamic Education in the improvement of religious students Enquiry, Questioning, Leanrning Community, Modelling, reflection, evaluation and contextual learning to prioritize change behavior of learners and the entire school community as a basis for valuation.


Keywords


Contextual learning; Islamic education

Full Text:

PDF

References


Asfaruddin, Asma, 2005. “The Philosophy of Islamic Education: Classical Views and M. Fethullah Gulen’s Perspectives” . dalam laman http://fethullahgulenconference.org/houston/read.php?p=philosophy-islamiceducation-classical-views-fethullah-gulen-perspectives).

Departemen Agama RI, 2003. Fiqih, Jakarta: Direktorat Kelembagaan Agama.

Djamarah, Syaeful, Bahri. 2000, Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta

Jauhar, Muhammad, 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser

Johnson, Elaine B. 2011. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasikkan dan Bermakna, Bandung: Kaifa Learning.

Rosnani Hasyim. 2006. “ntellectualism in higher Islamic traditional studies: implications for the curriculume”. The AJISS Vol. 24 (2006): 3.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: PT. Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: PT. Alfabeta.

Suharto, Toto. 2011, Filsafat Pendidikan Islam, Jogjakarta, Ar Ruzz Media

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.