Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kepekaan Sosial Anak Di Kehidupan Sehari-hari

Isnaeni Isnaeni

Abstract


Abstrak

 

Pendidikan Agama Islam secara umum dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang agama Islam sehingga menjadi pribadi muslim yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dan menjadi solusi utama dalam menumbuhkan dan meningkatkan kepekaan sosial anak dengan mengahayati dan mengamalkan nilainilai dan ajaran agama yang terkandung didalam al-Qur’an dan al-Sunnah.

 

Kata kunci: pendidikan agama islam; kepekaan sosial

 

The Role of Islamic Religious Education in Increasing Children's Social Sensitivity In Everyday Life

 

Islamic education in general can be understood as an attempt to increase faith, understanding, appreciation and practice of Islam so that it becomes a private Muslim faith and piety and morality in personal life, society, nation and state. Islamic religious education has an important role and be the main solution to increase the sensitivity and improve the children's social mengahayati and practice the values and teachings contained in the Qur'an and Sunnah.


Keywords


islamic education; social sensitivity

Full Text:

PDF

References


Aziz. Abd, 2009, Filsafat Pendidikan Islam, Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras.

Daradjat. Zakiyah,1990, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan. Heri, 2014, Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hadirah. Ira, 2008, Dasar-dasar Kependidikan, Makassar: UIN Alauddin.

Jalaluddin, Psikologi Agama, diunduh30September 2016 jam 15.30 WIB.

Ratna Wilis. Dahar, 2006, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga.

Ratuprawira Negara. Alamsyah, 1982, Pembinaan Pendidikan Agama, Jakarta: Depag RI.

Tondok. Marselius Sampe, “Melatih Kepekaan Sosial Anak”, Harian Surabaya Post, Tanggal 2 September 2012.

Umar. Bukhari, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 Islam, diunduh pada sepetember 2016 jam 20.00 WIB.

Zuchdi, Darmiyati, 2010, Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif: Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas, Yogyakarta: UNY Press.

Zuhairini,1983, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.